Rabu, 30 Juli 2014

ASGR - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014

Analisis Laporan Keuangan ASGR Q2 2014

PT Astra Graphia Tbk (ASGR) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan bersih yang cukup moderat yaitu sebesar 5%. Di sisi lain beban pokok meningkat  sebesar 1% sehingga laba kotor bertambah sebesar 14%. Kombinasi dari beban usaha dan pendapatan serta beban lainnya yang menurun menyebabkan laba sebelum pajak meningkat sebesar 40%. Perusahaan mencatat keuntungan dari penjualan investasi. Jika dilakukan penyesuaian, maka laba bersih disesuaikan akan meningkat menjadi sebesar 25%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 12%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 9% sehingga laba kotor bertambah sebesar 17%. Kombinasi dari beban usaha dan pendapatan lain serta beban lainnya yang lebih rendah banyak mempengaruhi laba sebelum pajak sehingga laba sebelum pajak melesat sebesar 129%. Perusahaan mencatat keuntungan dari penjualan investasi pada periode ini. Jika dilakukan penyesuaian, maka laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan naik sebesar 36%.

Secara tahunan rasio GPM meningkat menjadi 30,71% dari 28,20%. Secara kuartalan rasio masih naik menjadi 33,62% dari 32,05%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 10%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan secara neto tidak mencatat beban keuangan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan menyusut sebesar 38%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 8%.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar