Kamis, 10 Juli 2014

SMMA - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) sampai dengan Q1 2014 secara tahunan mencetak kinerja yang kurang memuaskan.  Pendapatan menurun tanpa dibarengi dengan beban yang menurun menyebabkan laba terperosok dalam.

Secara kuartalan kinerja jauh membaik. Pendapatan usaha meningkat dan di sisi lain beban naik jauh lebih kecil. Pada akhirnya laba bersih naik cukup tajam.

Secara tahunan pendapatan yang menurun banyak disebabkan oleh jauh berkurangnya keuntungan dari penjualan investasi saham.

Pendapatan terbesar perusahaan adalah berasal dari underwriting asuransi. Secara tahunan pendapatan tersebut tumbuh stagnan. Di sisi lain beban underwriting justru meningkat dan lebih besar daripada pendapatannya. Tercatat dua tahun belakangan beban underwriting asuransi lebih  besar daripada pendapatan underwriting asuransi.

Aset terbesar perusahaan terletak pada saldo investasi jangka pendek. Secara tahunan aset tersebut masih meningkat. Aset kedua terbesar adalah kredit yang diberikan (perusahaan merupakan pemegang saham terbesar pada PT Bank Sinarmas Tbk - BSIM) yang secara tahunan juga masih meningkat. Naiknya saldo kedua aset terpenting tersebut diharapkan dapat menjaga kontinuitas pendapatan jangka panjang perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar