Rabu, 30 Juli 2014

INDS - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan INDS Q2 2014

PT Indospring Tbk (INDS) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan penjualan yang cukup tinggi yaitu sebesar 16%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 15% sehingga laba kotor bertambah sebesar 21%. Beban usaha dan beban lainnya yang lebih tinggi menyebabkan laba usaha tertekan sebesar 8%.  Turunnya beban keuangan banyak menyumbang pada kenaikan laba sebelum pajak sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar 2%. Jika dilakukan penyesuaian, maka laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan meningkat sebesar 28%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan penjualan sebesar 5%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 7% sehingga laba kotor berkurang sebesar 7%. Beban usaha dan beban lainnya yang lebih rendah menyebabkan laba usaha tidak banyak tertekan sehingga hanya turun sebesar 2%.  Naiknya beban keuangan menyumbang pada penurunan laba sebelum pajak sehingga laba sebelum pajak berkurang sebesar 3%. Jika dilakukan penyesuaian, maka laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan turun sebesar 10%.

Secara tahunan rasio GPM bertambah menjadi 18,72% dari 17,93%. Secara kuartalan rasio turun menjadi 17,02% dari 19,07%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 19%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Saldo hutang finansial secara tahunan berkurang sebesar 30%. Beban keuangan berkurang dengan angka 69%. Beban keuangan tidak lagi menjadi beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat sebesar 281%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 14%.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar