Rabu, 16 Juli 2014

WSKT - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sampai dengan Q1 2014 secara tahunan mencatat pertumbuhan pendapatan yang baik. Naiknya margin laba kotor menyebabkan laba kotor naik tinggi. Perusahaan menghadapi tekanan beban usaha yang meningkat. Namun lebih rendahnya beban keuangan pada akhirnya menyebabkan laba bersih naik signifikan.

Secara kuartalan kinerja tidak dapat dibandingkan dengan Q4. Apabila dibandingkan dengan kinerja kuartal yang sama tahun lalu, baik pendapatan maupun laba bersih meningkat cukup baik. Omset pada Q1 adalah merupakan omset kuartalan yang paling kecil sehingga juga menghasilkan laba bersih yang paling kecil dan tidak signifikan.

Secara tahunan perusahaan dapat menekan beban keuangan sehingga beban keuangan menurun signifikan. Hutang finansial sendiri meningkat secara moderat. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.

Pengeluaran kas untuk investasi meningkat hampir tiga kali lipat. Aset tetap pun meningkat signifikan. Peningkatan ini diharapkan dapat menyumbang pada peningkatan pendapatan jangka panjang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar