Rabu, 30 Juli 2014

AUTO - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan AUTO Q2 2014

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang signifikan yaitu sebesar 32%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 33% sehingga laba kotor hanya dapat bertambah sebesar 28%. Ditekan oleh beban usaha dan beban lainnya yang meningkat menyebabkan laba sebelum pajak hanya dapat meningkat tipis sebesar 3%.  Ditekan lagi oleh beban pajak penghasilan yang lebih tinggi menyebabkan laba bersih harus terkikis sebesar 7%. Pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melemah sebesar 9%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan yang tipis yaitu sebesar 1%. Di sisi lain beban pokok stagnan sehingga laba kotor dapat bertambah sebesar 8%. Ditekan oleh beban usaha dan beban lainnya yang meningkat menyebabkan laba sebelum pajak melorot sebesar 23%. Pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melemah sebesar 30%.

Laba perusahaan banyak berkurang dari berkurangnya bagian atas laba bersih entitas asosiasi dan pengendalian bersama entitas yang secara tahunan turun sebesar 40% dan secara kuartalan turun sebesar 51%.

Secara tahunan rasio GPM berkurang tipis menjadi 15,55% dari 16,02%. Secara kuartalan rasio naik menjadi 15,31% dari 14,31%.

Secara tahunan saldo investasi pada enitas asosiasi dan pengendalian bersama entitas meningkat sebesar 20%. Saldo aset tetap meningkat sebesar 6%. Peningkatan-peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan secara neto tidak mencatat beban keuangan tahunan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan menurun sebesar 13%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 9%.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar