Senin, 14 Juli 2014

CMNP - Analisis Laporan Keuangan Q1 2014


PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sampai dengan Q1 2014 mencetak pertumbuhan pendapatan usaha yang cukup baik. Sayangnya kenaikan pesat pada beban pokok menyebabkan laba kotor tergerus tipis. Beban usaha dan pendapatan keuangan relatif berkombinasi sehingga laba usaha hanya turun tipis. Pada akhirnya laba bersih (disesuaikan) naik tipis.

Secara kuartalan pendapatan usaha mengalami pertumbuhan yang stagnan. Namun beban usaha lebih rendah. Pada akhirnya laba bersih meningkat cukup signifikan.

Secara tahunan margin laba kotor menurun banyak. Biarpun turun banyak namun margin termasuk sangat tinggi. Begitu juga dengan margin laba bersih yang tergolong tinggi. Secara kuartalan kita melihat margin laba kotor mulai membaik dan setara dengan margin tahunan.

Perusahaan mempunyai hutang finansial yang tidak signifikan. Besarnya saldo kas menyebabkan secara neto perusahaan menikmati pendapatan bunga.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat hampir tiga kali lipat. Aset tetap melesat cukup tinggi. Begitu juga dengan saldo hak pengelolaan jalan tol yang masih meningkat. Peningkatan-peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar