Senin, 21 Juli 2014

BTPN - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan BTPN Q2 2014

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) sampai dengan Q2 2014 mencetak kinerja pendapatan bunga yang meningkat dengan baik yaitu sebesar 15%. Sayangnya, beban bunga yang meningkat lebih cepat menyebabkan margin bunga bersih menurun banyak. Sehingga perusahaan hanya dapat mencatat kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 6%. Beban operasional lainnya yang meningkat dan ditambah dengan beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai yang melesat menyebabkan laba operasional susut sebesar 2%. Pada akhirnya laba bersih terkikis tipis 5%.

Secara kuartalan, pendapatan bunga masih meningkat yaitu sebesar 4%. Perusahaan sudah cukup mampu menjaga beban bunga sehingga pendapatan bunga bersih meningkat juga sebesar 4%. Namun beban operasional lainnya dan juga beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai lagi-lagi banyak menggerus laba sehingga laba operasional hanya naik 2%. Pada akhirnya laba bersih hanya dapat bertambah 2%.

Secara tahunan, kredit yang diberikan meningkat cukup tinggi yaitu sebesar 14%. Simpanan nasabah meningkat sebesar 10%.

Secara kuartalan, kredit yang diberikan masih juga meningkat yaitu sebesar 6% dan simpanan nasabah meningkat 7%. Tentunya ini adalah perkembangan-perkembangan yang menggembirakan.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar