Sabtu, 19 Juli 2014

TMAS - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TMAS Q2 2014
 
PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk (TMAS) sampai dengan Q2 2014 secara tahunan mencetak kinerja pendapatan usaha yang sangat baik. Margin laba kotor yang juga meningkat dengan baik membantu sekali dalam peningkatan laba kotor. Pada akhirnya perusahaan dapat memperoleh laba bersih (disesuaikan) yang besar daripada rugi pada tahun sebelumnya.

Secara kuartalan, pendapatan usaha masih meningkat. Sayangnya, beban pokok meningkat lebih besar sehingga laba kotor terperosok cukup banyak. Pada akhirnya laba bersih (disesuaikan) menurun cukup dalam sebesar 35%. Namun, laba bersih ini masih lebih tinggi daripada rata-rata laba bersih kuartalan setahun terakhir. Margin laba kotor secara kuartalan juga masih lebih tinggi sedikit daripada margin laba kotor tahunan.

Secara tahunan saldo aset tetap menurun sedikit. Hutang finansial juga menurun sedikit. Rasio DER perusahaan termasuk tinggi dengan hutang finansial yang tinggi. Beban keuangan adalah beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan. Secara tahunan beban keuangan menurun.

Secara tahunan arus kas operasi perusahaan cukup kuat karena jauh lebih besar daripada laba bersih.

Pada harga terakhir (18/7/14) sebesar Rp 356, harga saham TMAS diperdagangkan pada level yang cukup rendah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar