Senin, 21 Juli 2014

PTBA - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014


Analisis Laporan Keuangan PTBA Q2 2014

PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencatat kinerja penjualan yang memuaskan karena dapat naik sebesar 9%. Namun sayangnya margin yang dihasilkan jauh lebih kecil sehingga laba kotor malah tergerus sebesar 9%. Pada akhirnya laba bersih turun tipis sebesar 5%.

Secara kuartalan, kinerja penjualan masih meningkat dengan memuaskan karena naik 8%. Dengan margin laba kotor yang sedikit lebih tinggi, pada Q2 2014, PTBA menghasilkan laba kotor yang meningkat sebesar 12%. Pada akhirnya laba bersih meningkat sebesar 16%. Tentunya ini pencapaian yang sangat baik di tengah-tengah turunnya harga patokan batubara.

Secara tahunan pengeluaran kas untuk investasi melesat tinggi sebesar 88%. Aset tetap perusahaan tercatat meningkat sebesar 42%. Peningkatan ini diharapkan dapat menjaga pertumbuhan penjualan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan mempunyai hutang finansial yang sangat minim. Saldo kas cukup melimpah sehingga secara neto perusahaan menikmati pendapatan bunga.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar