Sabtu, 02 Agustus 2014

ADES - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Akasha Wira International Tbk (ADES) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan penjualan yang tipis yaitu sebesar 2%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 7% sehingga laba kotor melemah tipis sebesar 1%. Beban usaha, beban keuangan dan beban lainnya menguat sebesar 7% sehingga laba sebelum pajak terperosok sebesar 25%.  Laba bersih pada akhirnya terpangkas sebesar 45% karena beban pajak penghasilan yang meningkat. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih akan berkurang sebesar 55%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan penjualan sebesar 5%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 7% sehingga laba kotor bertambah sebesar 5%. Beban usaha dan beban lainnya yang lebih rendah menyebabkan laba sebelum pajak melesat  sebesar 74%. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih disesuaikan akan melemah sebesar 14% karena perusahaan menikmati keuntungan selisih kurs pada periode ini dan menderita kerugian selisih kurs pada periode sebelumnya.

Secara tahunan rasio GPM menyusut menjadi 55,16% dari 56,97%. Secara kuartalan rasio melemah lagi menjadi 53,76% dari 54,20%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 64%. Peningkatan pada aset tetap ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial secara tahunan menipis sebesar 8%. Namun, beban keuangan secara tahunan meningkat tipis. Beban keuangan merupakan beban yang cukup berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat signifikan sebesar 170%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 23%.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar