Kamis, 07 Agustus 2014

INDX - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Tanah Laut Tbk (INDX) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak pertumbuhan pendapatan  sebesar 10%. Di sisi beban pokok, beban naik sebesar 16% sehingga laba kotor turun sebesar 7%. Di sisi lain, beban usaha meningkat sebesar 27% sehingga laba usaha terkikis sebesar 14%.  Beban keuangan dan beban lain banyak menurun sehingga menyebabkan laba sebelum pajak meningkat sebesar 7%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengembang juga sebesar 7%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak peningkatan pendapatan sebesar 20%. Beban pokok pendapatan naik sebesar 4% sehingga laba kotor melesat sebesar 79%. Di sisi lain beban usaha melesat sebesar 41% sehingga laba usaha meningkat sebesar 87%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melesat sebesar 80%.

Secara tahunan rasio GPM mengempis menjadi 22,33% dari 26,45%. Secara kuartalan rasio GPM melesat menjadi 31,62% dari 21,17%.

Saldo aset tetap secara tahunan tidak mengalami banyak perubahan. Hal ini mengindikasi tidak adanya perubahan pada kapasitas perusahaan.

Perusahaan tidak mempunyai hutang yang besar. Saldo DER perusahaan amat rendah di level 9% daripada periode sebelumnya yang sebesar 39%.

Perusahaan sendiri hampir bebas dari hutang finansial sehingga tidak ada lagi beban keuangan pada periode ini.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat namun jumlahnya cukup kecil jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar yaitu sebesar 7% dibandingkan dengan periode sebelumnya yang hanya 1%.

Neraca perusahaan tergolong sangat sehat dan kuat dengan jumlah hutang yang sangat rendah dan aset lancar yang berlimpah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar