Senin, 11 Agustus 2014

MTDL - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak pertumbuhan penjualan  sebesar 32%. Di sisi beban pokok, beban naik sebesar 32% juga sehingga laba kotor meningkat sebesar 28%. Di sisi lain, beban usaha, beban keuangan dan beban lain meningkat sebesar 20% sehingga laba sebelum pajak membesar sebesar 40%. Laba bersih dapat mengembang sebesar 37% dikarenakan beban pajak penghasilan yang membesar sebesar 47%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk bertambah sebesar 32%.  Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 22% saja. 

Secara kuartalan perusahaan mencetak peningkatan penjualan sebesar 10%. Beban pokok pendapatan naik sebesar 10% juga sehingga laba kotor mengembang sebesar 12%. Di sisi lain beban usaha, beban keuangan dan beban lainnya turun sebesar 8% sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar 37%. Laba bersih kemudian bertambah sebesar 34% karena beban pajak penghasilan yang membesar sebesar 46%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengembang sebesar 34%.  Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan meningkat sebesar 13%  saja. 

Secara tahunan rasio GPM mengempis menjadi 7,84% dari 8,07%. Secara kuartalan rasio GPM membaik menjadi 8,38% dari 8,25%.

Saldo aset tetap secara tahunan berkurang signifikan. Pengurangan ini lebih disebabkan oleh reklasifikasi ke piutang sewa pembiayaan. Reklasifikasi ini berhubungan dengan berakhirnya perjanjian sukuk ijarah perusahaan.

Hutang finansial perusahaan secara tahunan menurun sebesar 8%. Namun beban keuangan meningkat sebesar 25%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan menurun banyak dan sangat minim.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar