Rabu, 06 Agustus 2014

TSPC - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak pertumbuhan penjualan  sebesar 6%. Di sisi beban pokok, beban naik sebesar 5% sehingga laba kotor naik sebesar 8%. Di sisi lain beban usaha dan beban lain meningkat sebesar 13% sehingga laba usaha terkikis sebesar 3%.  Pendapatan keuangan dan bagian laba bersih perusahaan asosiasi yang meningkat sebesar 10% menyebabkan laba sebelum pajak tergerus sebesar 2%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melemah sebesar 4%. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan melemah sebesar 12%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak peningkatan penjualan sebesar 13%. Beban pokok penjualan naik sebesar 17% sehingga laba kotor mengembang sebesar 7%. Di sisi lain beban usaha melesat sebesar 31% sehingga terjadi penurunan laba usaha yaitu sebesar 29%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melemah sebesar 36%. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan melemah sebesar 44%.

Secara tahunan rasio GPM menguat tipis menjadi 38,82% dari 38,13%. Secara kuartalan rasio GPM berkurang menjadi 37,76% dari 39,86%.

Saldo aset tetap secara tahunan meningkat sebesar 38%.  Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Secara tahunan saldo hutang finansial berkurang sebesar 12%. Perusahaan secara neto mencatat pendapatan keuangan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan meningkat sebesar 25%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut setara dengan 18%.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar