Jumat, 01 Agustus 2014

MNCN - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang moderat yaitu sebesar 6%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 8% sehingga laba kotor menipis sebesar 5%. Beban usaha, beban keuangan dan beban lainnya meningkat sebesar 23% sehingga laba sebelum pajak tergelincir sebesar 2%.  Naiknya beban pajak penghasilan menyebabkan laba menyusut sebesar 6%. Perusahan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menipis sebesar  5%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan signifikan sebesar 25%. Di sisi lain beban pokok justru menurun yaitu sebesar 6% sehingga laba kotor bertambah sebesar 55%. Beban usaha, beban keuangan dan beban lainnya yang lebih tinggi menyebabkan laba sebelum pajak meningkat sebesar 49%.  Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menguat sebesar 53%.

Secara tahunan rasio GPM menyusut tipis menjadi 56,64% dari 57,15%. Secara kuartalan rasio melonjak menjadi 64% dari 51,75%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 55%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial secara tahunan terpangkas drastis sebesar 49%. Beban keuangan turut terpangkas. Perusahaan secara neto tidak lagi menderita beban keuangan.

Pengeluaran kas untuk perolehan aset tetap secara tahunan melonjak sebesar 171%. Rasio DER perusahaan tergolong sangat rendah di level 18%.  Perusahaan mempunyai neraca yang sangat baik dengan jumlah aset lancar yang sangat besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar