Sabtu, 02 Agustus 2014

KLBF - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) Q2 2014

Perusahaan sampai dengan Q2 2014 mencatat pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 14%. Di sisi  beban pokok, beban meningkat sebesar 15% sehingga laba kotor meningkat sebesar 14%. Di sisi selanjutnya, kombinasi dari beban usaha dan beban lain yang menurun  sebesar 16% menyebabkan  laba sebelum pajak meningkat sebesar 9%. Beban pajak penghasilan meningkat sebesar 15% sehingga laba bersih meningkat sebesar 8%. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 7%.

Secara kuartalan penjualan meningkat sebesar 6%. Di sisi beban pokok, beban meningkat sebesar 6% juga sehingga laba kotor meningkat juga sebesar 6%. Di sisi selanjutnya, kombinasi dari beban usaha dan beban lain yang meningkat sebesar 9% menyebabkan  laba sebelum pajak menguat tipis sebesar 2%.  Beban pajak penghasilan meningkat sebesar 2% menyebabkan laba bersih meningkat sebesar 1%.  Jika dilakukan penyesuaian, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 4%.

Rasio GPM  tahunan melemah tipis menjadi  47,57% dari 47,88% dan secara kuartalan mengembang tipis menjadi 47,94% dari 47,82%.

Secara tahunan, saldo aset tetap meningkat sebesar 19% sehingga diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Perusahaan mencatat hutang finansial yang minim. Secara neto perusahaan menikmati pendapatan bunga.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan menyusut sebesar 31%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, maka pengeluaran tersebut setara dengan 18%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar