Jumat, 01 Agustus 2014

BMTR - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Global Mediacom Tbk (BMTR) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang moderat yaitu sebesar 9%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 18% sehingga laba kotor menipis sebesar 1%. Beban usaha, beban keuangan dan beban lainnya meningkat sebesar 80% sehingga laba sebelum pajak terpangkas sebesar 50%.  Naiknya beban pajak penghasilan menyebabkan laba bersih menyusut sebesar 56%. Perusahan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan terpangkas sebesar  48%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 17%. Di sisi lain beban pokok justru meningkat tipis yaitu sebesar 2% sehingga laba kotor bertambah sebesar 42%. Beban usaha, beban keuangan dan beban lainnya yang lebih tinggi menyebabkan laba sebelum pajak terpangkas sebesar 31%.  Perusahaan menderita kerugian selisih kurs yang cukup besar pada periode ini dan menikmati keuntungan selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menguat sebesar 19%.

Secara tahunan rasio GPM menyusut menjadi 43,07% dari 47,29%. Secara kuartalan rasio melonjak menjadi 46,04% dari 38,01%.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 26%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial secara tahunan meningkat sebesar 14%. Beban keuangan turut meningkat. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.

Rasio DER perusahaan tergolong tidak begitu tinggi di level 45%.  Perusahaan mempunyai neraca yang sehat dengan jumlah aset lancar yang cukup besar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar