Selasa, 05 Agustus 2014

CEKA - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk (CEKA) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan yaitu sebesar 115%. Beban pokok penjualan naik sebesar 124% sehingga laba kotor naik sebesar 38%. Di sisi lain beban usaha dan beban lain menurun sebesar 6% sehingga laba usaha melesat sebesar 455%.  Beban keuangan yang meningkat sebesar 297% menyebabkan laba sebelum pajak menngembang sebesar 535%. Pada akhirnya laba bersih disesuaikan bertambah signifikan dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mengalami kerugian.

Secara kuartalan perusahaan mencetak penurunan penjualan sebesar 15%. Beban pokok penjualan turun sebesar 10% sehingga laba kotor merosot sebesar 65%. Di sisi lain beban usaha melesat sebesar 385% sehingga terjadi rugi usaha. Pada akhirnya perusahaan mendulang rugi bersih dibandingkan dengan periode sebelumnya yang meraih keuntungan.

Naik turunnya omset perusahaan membuat kinerja kuartalan maupun tahunan sulit diperkirakan. Begitu juga dengan naiknya beban usaha yang tidak berkorelasi dengan omset penjualan membawa kesulitan tersendiri untuk memprediksi kinerja ke depan.

Secara tahunan rasio GPM menipis menjadi 7,16% dari 11,11%. Secara kuartalan rasio GPM menjadi cukup rendah di angka 3,55% dari 8,59%. Penurunan yang signifikan ini tentunya menjadi tanda tanya tersendiri.

Saldo aset tetap secara tahunan tidak mengalami banyak perubahan. Ini memberi informasi kalau kapasitas perusahaan tidak banyak mengalami perubahan.

Secara tahunan saldo hutang finansial melambung sebesar 65%. Beban keuangan bertambah signifikan sebesar 297%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih perusahaan.

Penambahan saldo hutang finansial menjadi sebuah ironi karena rendahnya tingkat kolektivitas piutang usaha yang sebagian besar merupakan piutang usaha pihak berelasi. Kas bersih dari operasi secara tahunan mengalami minus yang besar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar