Jumat, 01 Agustus 2014

SMCB - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan SMCB Q2 2014

PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang moderat yaitu sebesar 9%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 13% sehingga laba kotor menipis sebesar 1%. Beban usaha dan beban lainnya meningkat sebesar 25% sehingga laba usaha tergelincir sebesar 14%.  Naiknya beban keuangan banyak berpengaruh pada laba sebelum pajak sehingga laba sebelum pajak terjerembab sebesar 29%. Perusahan menderita kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menipis sebesar  8%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 9%. Di sisi lain beban pokok meningkat juga yaitu sebesar 10% sehingga laba kotor bertambah sebesar 8%. Beban usaha dan beban lainnya yang lebih tinggi menyebabkan laba usaha merosot tinggi sebesar 19%.  Beban keuangan yang meningkat menyebabkan laba sebelum pajak terpangkas sebesar 64%. Perusahaan menderita kerugian selisih kurs pada periode ini dan menikmati keuntungan selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menguat sebesar 18%.
Secara tahunan rasio GPM menyusut menjadi 33,22% dari 35,79%. Secara kuartalan rasio menguat tipis menjadi 28,80% dari 29,24%. Namun rasio ini masih lebih kecil daripada rasio tahunan.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 22%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial secara tahunan meningkat drastis sebesar 75%. Beban keuangan turut melesat sebesar 69%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan berkurang sebesar 18%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 20%.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar