Rabu, 13 Agustus 2014

ITMG - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak penurunan penjualan  sebesar 12%. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 13%  sehingga laba kotor merosot sebesar 8%. Di sisi lain, beban usaha dan beban lain berkurang sebesar 11% sehingga laba sebelum pajak terpangkas sebesar 7%. Laba bersih kemudian terkikis sebesar 6% dikarenakan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 10%. Perusahaan menikmati keuntungan transaksi derivatif yang cukup besar pada periode ini dan periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih akan terpotong sebesar 10%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak penurunan penjualan sebesar 8%. Beban pokok penjualan berkurang tipis sebesar 1% sehingga laba kotor terjungkal sebesar 28%. Di sisi lain beban usaha dan beban lainnya meningkat signifikan sehingga laba sebelum pajak terpotong sebesar 46%. Laba bersih kemudian terpangkas sebesar 46% juga karena beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 47%. Perusahaan menikmati keuntungan transaksi derivatif pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya yang cukup besar. Jika disesuaikan, maka laba bersih akan menyusut sebesar 32%. 

Secara tahunan rasio GPM meningkat tipis menjadi 24,84% dari 23,97%. Secara kuartalan rasio menyusut menjadi 20,23% dari 25,79%.

Saldo aset tetap secara tahunan menyusut sebesar 11%.

Perusahaan tercatat tidak mempunyai hutang finansial.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan menyusut sebesar 37%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset lancar, pengeluaran tersebut setara dengan 6% saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar