Minggu, 24 Agustus 2014

GSMF - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014





Analisis Laporan Keuangan PT  Equity Development Investment Tbk (GSMF) Q2 2014

Perusahaan sampai dengan Q2 2014 mencatat penurunan pendapatan sebesar 12%. Penurunan pendapatan banyak disebabkan oleh turunnya pendapatan dari underwriting (asuransi) yang melorot sebesar 19%. Di sisi lain beban berkurang sebesar 16% sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar  41%. Laba bersih pada akhirnya mengembang sebesar 51% karena beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 15%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk kemudian tumbuh sebesar 46% karena bagian kepentingan non-pengendali yang melesat sebesar 80%. Perusahaan menikmati keuntungan selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan (tanpa memperhitungkan faktor pajak penghasilan), laba bersih yang  dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan tergerus sebesar 11%.

Secara kuartalan perusahaan mencatat penurunan pendapatan sebesar 6%. Penurunan pendapatan banyak disebabkan oleh turunnya pendapatan dari underwriting (asuransi) yang melorot sebesar 14%. Di sisi lain beban berkurang sebesar 10% sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar  52%. Laba bersih pada akhirnya mengembang sebesar 32% karena beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 314%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk kemudian tumbuh sebesar 23% karena bagian kepentingan non-pengendali yang melesat sebesar 96%. Perusahaan menikmati keuntungan selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan menderita kerugian selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan (tanpa memperhitungkan faktor pajak penghasilan), laba bersih yang  dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan terperosok sebesar 81%.

Secara tahunan, saldo piutang sewa pembiayaan, piutang pembiayaan konsumen dan tagihan anjak piutang meningkat signifikan. Diharapkan aset-aset tersebut masih dapat menopang peningkatan pendapatan jangka panjang perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar