Kamis, 07 Agustus 2014

EMTK - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) Q2 2014

Perusahaan secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak pertumbuhan pendapatan  sebesar 20%. Di sisi beban pokok, beban naik sebesar 28% sehingga laba kotor naik sebesar 14%. Di sisi lain, beban usaha dan beban lain meningkat sebesar 4% sehingga laba usaha mengembang sebesar 20%.  Kombinasi dari pendapatan keuangan dan bagian laba dari entitas asosiasi yang menurun menyebabkan laba sebelum pajak meningkat sebesar 18%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengembang sebesar 20%.  Perusahaan menikmati keuntungan selisih kurs yang cukup besar pada periode ini. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan mengembang sebesar 5% saja.  

Secara kuartalan perusahaan mencetak peningkatan pendapatan sebesar 16%. Beban pokok pendapatan naik sebesar 4% sehingga laba kotor melesat sebesar 41%. Di sisi lain beban usaha dan beban lainnya turun sebesar 18% sehingga laba usaha meningkat sebesar 134%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melesat sebesar 146%.  Perusahaan menikmati keuntungan selisih kurs yang cukup besar pada periode ini dibandingkan dengan kerugian selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan melesat sebesar 98%.  

Secara tahunan rasio GPM mengempis menjadi 48,51% dari 51,44%. Secara kuartalan rasio GPM mengembang menjadi 54,88% dari 45,18%.

Saldo aset tetap secara tahunan bertambah sebesar 37%. Hal ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial perusahaan secara tahunan meningkat sebesar 14%. Namun perusahaan secara neto menikmati pendapatan keuangan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan berkurang sebesar 8%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar jumlah tersebut setara dengan 13%.

Neraca perusahaan tergolong sangat sehat dengan jumlah hutang yang rendah dan aset lancar yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar