Jumat, 08 Agustus 2014

SSMS - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Q2 2014

Secara kuartalan perusahaan mencetak pertumbuhan penjualan sebesar 14%. Beban pokok penjualan naik sebesar 34% sehingga laba kotor tidak banyak mengalami perubahan. Di sisi lain beban usaha dan beban lainnya terpangkas sebesar 5% sehingga laba usaha mengembang tipis sebesar 1%.  Laba besih kemudian terkikis tipis sebesar 1% karena beban pajak yang sedikit lebih tinggi. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tergerus sebesar 1%. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan terkikis sebesar 8%.

Secara kuartalan rasio GPM menurun menjadi 51,73% dari 59,10%.

Secara tahunan pengeluaran kas untuk investasi terlihat cukup besar namun banyak yang merupakan pengeluaran untuk pinjaman kepada pihak berelasi dan penempatan deposito. Secara kuartalan, saldo pinjaman untuk pihak berelasi meningkat sebesar 51%.  Pinjaman kepada pihak relasi tidak dikenai bunga.

Rasio DER perusahaan secara tahunan berada pada angka 36%. Angka yang tidak terlalu besar. Secara kuartalan perusahaan menikmati pendapatan keuangan dua kuartal berturut-turut.

Produksi TBS perusahaan selama S1 tahun 2014 tercatat sebesar 411.956 mt yang naik sebesar 28,1% dibandingkan dengan S1 tahun 2013.

Pada Q1 2014, luas tanaman sawit perusahaan seluruhnya adalah 34.223 ha dengan perincian luas yang telah menghasilkan 32.907 ha dan luas yang belum menghasilkan adalah 1.317 ha. Jika membandingkan antara jumlah luas lahan tanaman yang belum menghasilkan dengan jumlah luas lahan tanaman yang telah menghasilkan, tentunya rasionya cukup kecil. Kita berharap produksi TBS perusahaan masih akan tetap tumbuh seiring dengan banyaknya jumlah tanaman yang memasuki masa produksi emas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar