Jumat, 01 Agustus 2014

MAPI - Analisis Laporan Keuangan Q2 2014




Analisis Laporan Keuangan MAPI Q2 2014

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) secara tahunan sampai dengan Q2 2014 mencetak kenaikan pendapatan yang signifikan yaitu sebesar 28%. Di sisi lain beban pokok meningkat sebesar 33% sehingga laba kotor meningkat sebesar 22%. Beban usaha dan beban lainnya meningkat sebesar 30% sehingga laba usaha tergelincir sebesar 29%.  Laba bersih pada akhirnya terperosok sebesar 32%. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan terpangkas sebesar  28%.

Secara kuartalan perusahaan mencetak kenaikan pendapatan sebesar 6%. Di sisi lain beban pokok meningkat juga yaitu sebesar 2% sehingga laba kotor bertambah sebesar 10%. Beban usaha dan beban lainnya meningkat sebesar 9% sehingga laba sebelum pajak meningkat  sebesar 12%.  Dengan beban pajak penghasilan yang lebih rendah, laba bersih meningkat sebesar 20%. Jika disesuaikan, pada akhirnya laba bersih disesuaikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menguat sebesar 130% karena perusahaan pada periode ini menderita kerugian selisih kurs dan pada periode sebelumnya menikmati keuntungan selisih kurs.

Secara tahunan rasio GPM menyusut menjadi 48,55% dari 50,64%. Secara kuartalan rasio menguat menjadi 48,22% dari 46,53%. Namun rasio ini masih lebih kecil daripada rasio tahunan.

Secara tahunan saldo aset tetap meningkat sebesar 15%. Peningkatan ini diharapkan dapat menopang pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial secara tahunan meningkat drastis sebesar 40%. Beban keuangan turut melesat sebesar 61%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan.

Pengeluaran kas untuk investasi secara tahunan berkurang tipis sebesar 6%. Jika dibandingkan dengan jumlah aset tidak lancar, pengeluaran tersebut adalah berjumlah 24%.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar