Minggu, 23 November 2014

BBKP - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) Q3 2014


Tahunan

Pendapatan bunga dan syariah meningkat sebesar 19%. Beban bunga meningkat sebesar 34% sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih tergerus sebesar 1%. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya meningkat sebesar 24%. Muncul beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai berbanding pendapatan penyisihan. Beban operasional lainnya naik sebesar 10%. Kombinasi dari pendapatan dan beban-beban tersebut membuat laba operasional harus terpangkas sebesar 12%. Di sisi lain pendapatan non-operasional meningkat sebesar 155% sehingga laba sebelum pajak turun sebesar 10%. 

Laba bersih kemudian tercatat menyusut  sebesar 8% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 14%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk berkurang juga sebesar 8%.

Rasio GPM menyusut menjadi 35,91% dari 43,29%.

Dari sisi neraca, kredit yang diberikan mengalami kenaikan sebesar 2%. Simpanan nasabah meningkat sebesar 14%.

Kuartalan

Pendapatan bunga dan syariah meningkat sebesar 4%. Dari sisi beban bunga, bunga meningkat sebesar 10% sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih terpangkas sebesar 8%. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya meningkat sebesar 15%. Muncul beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai berbanding pendapatan penyisihan. Beban operasional lainnya naik sebesar 11%. Kombinasi dari pendapatan dan beban-beban tersebut membuat laba operasional harus terpangkas sebesar 44%. Di sisi lain pendapatan non-operasional berkurang sebesar 15% sehingga laba sebelum pajak menurun sebesar 42%. 

Laba bersih kemudian tercatat merosot  sebesar 41% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 44%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk melorot juga sebesar 41%.

Rasio GPM melemah menjadi 31,13% dari 35,05%.

Dari sisi neraca, kredit yang diberikan mengalami penurunan sebesar 1%. Simpanan nasabah bertambah sebesar 5%.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar