Minggu, 16 November 2014

CMNP - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Pendapatan meningkat sebesar 16%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 49% sehingga laba kotor menebal sebesar 3%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 12% sehingga laba sebelum pajak tidak banyak berubah.

Pada akhirnya laba bersih meningkat sebesar 2% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 10%.  Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengembang sebesar 2%.

Perusahaan mengalami kerugian selisih kurs pada periode ini dan meraih keuntungan selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan tumbuh sebesar 5%.

Rasio GPM menurun menjadi 63,36% dari 71,52%.

Saldo hak pengusahaan jalan tol menyusut sebesar 7%. Saldo aset tetap bertambah sebesar 61%.

Hutang finansial menyusut sebesar 5%. Secara neto perusahaan mencatat pendapatan keuangan.

Pendapatan perusahaan paling besar diperoleh dari ruas tol Lingkar Dalam Kota Jakarta yang mencatat kenaikan sebesar 11%.


Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Pendapatan menurun sebesar 7%. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 7% sehingga laba kotor terpangkas sebesar 8%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan dan pendapatan-beban lain berkurang sebesar 64% sehingga laba sebelum pajak naik sebesar 28%.

Pada akhirnya laba bersih meningkat sebesar 32% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 11%.  Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengembang sebesar 33%.

Perusahaan meraih keuntungan selisih kurs pada periode ini dan mengalami kerugian selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan tumbuh sebesar 29%.

Rasio GPM menurun menjadi 59,75% dari 59,92%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar