Kamis, 27 November 2014

BNGA - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) Q3 2014


Tahunan

Pendapatan bunga dan syariah meningkat sebesar 16%. Namun beban bunga meningkat jauh lebih besar yaitu sebesar 35% sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih hanya tumbuh sebesar 3%. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya menyusut sebesar 17%. Beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai bertambah sebesar 61%. Beban operasional lainnya naik sebesar 8%. Kombinasi dari pendapatan dan beban-beban tersebut membuat laba operasional harus terpangkas sebesar 22%. Di sisi lain muncul beban non-operasional berbanding pendapatan non-operasional sehingga laba sebelum pajak melorot sebesar 22%. 

Laba bersih kemudian tercatat turun  sebesar 23% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 19%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk berkurang sebesar 22%.

Rasio GPM menyusut menjadi 51,70% dari 58,24%.

Dari sisi neraca, kredit yang diberikan mengalami kenaikan sebesar 7%. Simpanan nasabah meningkat sebesar 2%.

Kuartalan

Pendapatan bunga dan syariah meningkat sebesar 4%. Dari sisi beban bunga, bunga meningkat sebesar 4% juga sehingga pendapatan bunga dan syariah bersih naik sebesar 3%. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya menyusut sebesar 41%. Beban penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai melambung sebesar 158%. Beban operasional lainnya turun sebesar 4%. Kombinasi dari pendapatan dan beban-beban tersebut membuat laba operasional harus terbabat sebesar 56%. Di sisi lain muncul beban non-operasional berbanding pendapatan non-operasional sehingga laba sebelum pajak menurun sebesar 57%. 

Laba bersih kemudian tercatat terperosok  sebesar 60% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 48%. Pada akhirnya laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk terpangkas juga sebesar 60%.

Rasio GPM melemah menjadi 50,53% dari 50,74%.

Dari sisi neraca, kredit yang diberikan mengalami kenaikan sebesar 1%. Simpanan nasabah bertambah sebesar 1%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar