Senin, 03 November 2014

EXCL - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT XL Axiata Tbk (EXCL) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Pendapatan meningkat sebesar 9%. Di sisi beban pokok, beban usaha, pendapatan dan beban lain, beban bertambah sebesar 20% sehingga laba usaha terpelanting sebesar 79%. Kombinasi dari pendapatan-beban keuangan dari bagian laba dari entitas asosiasi yang secara neto menimbulkan beban tercatat beban meningkat sebesar 331% sehingga menimbulkan rugi sebelum pajak berbanding laba sebelum pajak pada periode sebelumnya.

Pada akhirnya perusahaan mencatat rugi bersih berbanding laba bersih.

Perusahan mengalami kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih akan terpangkas sebesar 86%.

Saldo aset tetap tumbuh sebesar 11%. Besarnya aset tetap diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial bertambah sebesar 73%. Beban keuangan melejit sebesar 290%.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Pendapatan menurun sebesar 1%. Di sisi beban pokok, beban usaha, pendapatan dan beban lain, beban berkurang sebesar 7% sehingga rugi usaha turun sebesar 59%. Kombinasi dari pendapatan-beban keuangan dari bagian laba dari entitas asosiasi yang secara neto menimbulkan beban tercatat beban menyusut sebesar 27% sehingga menimbulkan rugi sebelum pajak yang berkurang sebesar 47%.

Pada akhirnya perusahaan mencatat rugi bersih yang menurun sebesar 51%.

Perusahan mengalami kerugian selisih kurs yang signifikan pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, rugi bersih akan meningkat sebesar 3%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar