Sabtu, 01 November 2014

GGRM - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Q3 2014



Tahunan (TTM)

Pendapatan meningkat sebesar 19%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 18% sehingga laba kotor tumbuh sebesar 21%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, laba-rugi kurs dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 13% sehingga laba usaha mengembang sebesar 27%. Di sisi lain, beban keuangan bertambah sebesar 90% sehingga laba sebelum pajak membesar sebesar 20%.

Pada akhirnya laba bersih naik sebesar 20% dikarenakan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 18%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 21%.

Perusahaan mendulang keuntungan selisih kurs pada periode ini berbanding beban selisih kurs pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan meningkat sebesar 18%.

Rasio GPM meningkat menjadi 19,88% dari 19,48%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 31%. Penambahan tersebut diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial bertambah sebesar 14%. Beban keuangan melesat sebesar 90%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Pendapatan menurun sebesar 9%. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 11% sehingga laba kotor tidak banyak berubah. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, laba-rugi kurs dan pendapatan-beban lain berkurang sebesar 5% sehingga laba usaha mengembang sebesar 5%. Di sisi lain, beban keuangan bertambah sebesar 23% sehingga laba sebelum pajak membesar sebesar 3%.

Pada akhirnya laba bersih naik sebesar 3% dikarenakan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 3%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 3%.

Perusahaan mendulang keuntungan selisih kurs pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan meningkat sebesar 5%.

Rasio GPM meningkat menjadi 19,88% dari 19,48%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar