Selasa, 04 November 2014

MPPA - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Penjualan meningkat sebesar 14%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 13% sehingga laba kotor naik sebesar 24%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan pendapatan-beban operasi lain bertambah sebesar 29% sehingga laba usaha meningkat sebesar 10%. Perusahaa mencatat pendapatan keuangan secara neto berbanding beban keuangan pada periode sebelumnya sehingga laba sebelum pajak mengembang sebesar 17%.

Pada akhirnya laba bersih tumbuh sebesar 22% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 2%.  Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengembang sebesar 17%.

Perusahaan memperoleh pendapatan lain-lain yang signifikan pada periode ini dan juga pada periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan naik sebesar 171%.

Rasio GPM meningkat menjadi 16,94% dari 15,67%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 31%. Besarnya aset tetap diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial turun sebesar 48%. Perusahaan mulai mencatat pendapatan keuangan daripada beban keuangan pada periode sebelumnya.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Penjualan meningkat sebesar 10%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 9% sehingga laba kotor naik sebesar 15%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan pendapatan-beban operasi lain bertambah sebesar 21% sehingga laba usaha meningkat sebesar 4%. Pendapatan keuangan menyusut sebesar 62% sehingga laba sebelum pajak menebal sebesar 1%.

Pada akhirnya laba bersih terkikis sebesar 1% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 8%.  Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menyusut sebesar 1%.

Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan naik sebesar 63%.

Rasio GPM meningkat menjadi 17,56% dari 16,80%.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar