Sabtu, 22 November 2014

EPMT - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Enseval Putra Megatrading Tbk (EPMT) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Penjualan neto meningkat sebesar 13%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 13% sehingga laba kotor tumbuh sebesar 14%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, pendapatan-beban keuangan dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 11% sehingga laba sebelum pajak mengembang sebesar 19%.

Pada akhirnya laba bersih menguat sebesar 20% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 16%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat juga sebesar 20%.

Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan tumbuh sebesar 13%

Rasio GPM naik menjadi 11,39% dari 11,33%.

Pendapatan perusahaan disumbangkan dari dua segmen utama, yaitu segmen barang konsumsi dan segmen obat-obatan. Segmen barang konsumsi mencatat kenaikan sebesar 15% dan segmen obat-obatan tumbuh sebesar 12%. Hasil segmen obat-obatan memberikan porsi paling besar dan mencatat pertumbuhan hasil sebesar 16%. Segmen barang konsumsi mencatat kenaikan hasil sebesar 13%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 19%.

Hutang finansial berkurang sebesar 15%. Perusahaan masih mencatat pendapatan keuangan secara neto walaupun angkanya tidak signifikan.


Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Penjualan neto meningkat sebesar 1%. Di sisi beban pokok, beban tidak banyak berubah sehingga laba kotor tumbuh sebesar 3%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 2% sehingga laba sebelum pajak menebal sebesar 3%.

Pada akhirnya laba bersih tumbuh sebesar 2% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 6%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik juga sebesar 2%.

Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan tidak banyak berubah.

Rasio GPM menebal menjadi 11,52% dari 11,31%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar