Minggu, 02 November 2014

TMAS - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk (TMAS) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Pendapatan meningkat sebesar 28%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 12% sehingga laba kotor tumbuh sebesar 144%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 697% sehingga laba usaha melejit sebesar 119%. Kombinasi dari pendapatan-beban keuangan, laba-rugi selisih kurs dan lainnya yang meningkat sebesar 8% menimbulkan laba sebelum pajak yang melejit sebesar 248%.

Pada akhirnya laba bersih berlipat sebesar 436% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 2%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat  sebesar 431%.

Jika disesuaikan, muncul laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk berbanding rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada periode sebelumnya.

Rasio GPM menguat kencang menjadi 22,53% dari 11,79%.

Saldo aset tetap tidak banyak berubah. Besarnya aset tetap diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial berkurang sebesar 4%. Beban keuangan meningkat sebesar 5%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Pendapatan merosot sebesar 6%. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 6% sehingga laba kotor terkikis sebesar 4%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 27% sehingga laba usaha menyusut sebesar 11%. Kombinasi dari pendapatan-beban keuangan, laba-rugi selisih kurs dan lainnya yang meningkat sebesar 54% menimbulkan laba sebelum pajak yang turun sebesar 24%.

Pada akhirnya laba bersih terpangkas sebesar 28% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 2%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk merosot  sebesar 29%.

Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan turun sebesar 22%.

Rasio GPM masih meningkat tipis walaupun masih lebih rendah daripada rasio tahunan menjadi 20,54% dari 20,09%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar