Selasa, 11 November 2014

MFIN - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Pendapatan meningkat sebesar 9%. Di sisi beban, beban bertambah sebesar 4% sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar 24%.

Laba bersih tumbuh sebesar 24% dengan beban pajak penghasilan yang naik sebesar 23%.

Saldo piutang pembiayaan konsumen bertambah sebesar 24%. Besarnya saldo tersebut diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Pendapatan perusahaan paling besar disumbangkan oleh segmen wilayah Sulawesi yang tercatat meningkat sebesar 8%. Segmen selanjutnya disumbangkan oleh Jawa yang meningkat sebesar 14% dan segmen Sumatera yang meningkat sebesar 4%. Segmen Kalimantan memberikan sumbangan yang paling kecil namun mengalami pertumbuhan yang tinggi yaitu sebesar 25%.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Pendapatan meningkat sebesar 18%. Di sisi beban, beban bertambah sebesar 17% sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar 22%.

Laba bersih tumbuh sebesar 22% dengan beban pajak penghasilan yang naik sebesar 23%.

Pendapatan perusahaan paling besar disumbangkan oleh segmen wilayah Sulawesi yang tercatat meningkat sebesar 4%. Segmen selanjutnya disumbangkan oleh Jawa yang meningkat sebesar 12% dan segmen Sumatera yang meningkat sebesar 14%. Segmen Kalimantan tumbuh  sebesar 7%.
 

4 komentar:

  1. pak, bagaimana dengan dampak dari kenaikan bbm dan suku bunga trhadap sektor pembiayaan secara umum dan trhadap saham mfin secara khusus? apakah dampaknya besar trhadap kelangsungan perusahaan ke depannya atau malah menjadi katalis yang positif thdp kinerja perusahaan karena dengan dinaikannya harga bbm maka akan semakin banyak konsumen yang beralih ke sepeda motor yg pd akhirnya akan ikut mendongkrak kinerja perusahaan ke depan. trims pak

    BalasHapus
  2. Tampaknya hanya pengaruh tipis ya krn kmgkn beban bunga hanya naik sedikit saja. Kalau org menunda beli mobil krn bbm naik mgkn iya. Tapi kalau beralih ke sepeda motor mungkin gak banyak ya.

    BalasHapus
  3. okay...thanks for sharing yah pak...

    BalasHapus
  4. wah tak trasa uda naik ke level 1000 yah pak...congrats atas ulasannya selama ini

    BalasHapus