Kamis, 13 November 2014

HERO - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Hero Supermarket Tbk (HERO) Q3 2014

Tahunan (TTM)

Pendapatan meningkat sebesar 13%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 12% sehingga laba kotor naik sebesar 16%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan pendapatan-beban operasi lain bertambah sebesar 14% sehingga laba usaha meningkat sebesar 26%. Perusahaan meraih pendapatan keuangan berbanding beban keuangan pada periode sebelumnya sehingga laba sebelum pajak mengembang sebesar 51%.

Pada akhirnya laba bersih tumbuh sebesar 69% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 8%.  

Perusahaan meraih laba dari penjualan aset tetap yang sangat signifikan pada periode ini. Jika laba tersebut dikeluarkan dari perhitungan laba bersih (tanpa memperhatikan pengaruh pajak penghasilan), maka laba bersih disesuaikan akan melorot sebesar 60%.

Rasio GPM meningkat menjadi 23,84% dari 23,12%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 43%. Besarnya saldo tersebut diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial bertambah. Perusahaan mencatat pendapatan keuangan secara neto.

Pendapatan perusahaan sebagian besar disumbangkan oleh segmen eceran besar yang tercatat meningkat sebesar 12%. Hasil segmen ini melorot sebesar 44%. Hasil pada segmen eceran khusus juga merosot yaitu sebesar 56%.

Biarpun margin laba kotor masih solid, namun perusahaan dihadapkan pada masalah tingginya beban usaha. Hasil laba bersih sangat minim karena hanya menghasilkan ROE (disesuaikan) sebesar 2% berbanding 6% pada periode sebelumnya.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Pendapatan meningkat sebesar 7%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 9% sehingga laba kotor turun sebesar 2%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha dan pendapatan-beban operasi lain bertambah sebesar 6% sehingga menimbulkan rugi usaha berbanding laba usaha.

Pada akhirnya perusahaan mengalami rugi bersih  berbanding laba bersih pada periode sebelumnya.

Rasio GPM menyusut menjadi 21,57% dari 23,48%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar