Minggu, 09 November 2014

SCCO - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Sucaco Tbk (SCCO) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Penjualan meningkat sebesar 7%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 9% sehingga laba kotor terkikis sebesar 13%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, laba-rugi kurs dan pendapatan-beban lain bertambah sebesar 8% sehingga laba sebelum pajak menyusut sebesar 27%.

Pada akhirnya laba bersih turun sebesar 20% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 46%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menurun sebesar 20%.

Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan menyusut sebesar 17%.

Rasio GPM menyusut menjadi 7,01% dari 8,58%.

Penjualan perusahaan sebagian besar disumbangkan oleh segmen kabel. Penjualan kabel meningkat sebesar 6% dengan hasil segmen yang menurun sebesar 19%.

Saldo aset tetap bertambah sebesar 20%. Penambahan tersebut diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial berkurang sebesar 11%. Beban keuangan melesat sebesar 3.225%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Penjualan meningkat sebesar 2%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 1% sehingga laba kotor mengembang sebesar 8%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, laba-rugi kurs dan pendapatan-beban lain berkurang sebesar 20% sehingga laba sebelum pajak meningkat sebesar 66%.

Pada akhirnya laba bersih melesat sebesar 76% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah sebesar 42%. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menebal sebesar 77%.

Jika disesuaikan, maka laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan tumbuh sebesar 56%.

Rasio GPM meningkat menjadi 8,78% dari 8,25%.

Penjualan perusahaan sebagian besar disumbangkan oleh segmen kabel. Penjualan kabel meningkat sebesar 1% dengan hasil segmen yang meningkat sebesar 13%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar