Senin, 03 November 2014

GJTL - Analisis Laporan Keuangan Q3 2014



Analisis Laporan Keuangan PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) Q3 2014


Tahunan (TTM)

Penjualan meningkat sebesar 5%. Di sisi beban pokok, beban bertambah sebesar 9% sehingga laba kotor tergerus sebesar 12%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan, laba-rugi selisih kurs dan pendapatan-beban operasi lain bertambah sebesar 12% sehingga laba sebelum pajak melorot sebesar 67%.

Pada akhirnya laba bersih terpangkas sebesar 95% dengan beban pajak penghasilan yang berkurang sebesar 41%.

Perusahaan mengalami kerugian selisih kurs pada periode ini dan pada periode sebelumnya dan menikmati keuntungan lain-lain pada periode ini dan juga periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih akan merosot sebesar 88%.

Rasio GPM menyusut menjadi 16,78% dari 19,98%.

Saldo aset tetap tumbuh sebesar 20%. Besarnya aset tetap diharapkan dapat menopang pertumbuhan pendapatan jangka panjang perusahaan.

Hutang finansial bertambah sebesar 10%. Beban keuangan mengembang sebesar 20%. Beban keuangan merupakan beban yang berpengaruh besar terhadap laba bersih.

Kuartalan (Q3 2014 vs Q2 2014)

Penjualan menurun sebesar 7%. Di sisi beban pokok, beban berkurang sebesar 11% sehingga laba kotor tumbuh sebesar 12%. Di sisi lain, kombinasi dari beban usaha, beban keuangan, laba-rugi selisih kurs dan pendapatan-beban operasi lain berkurang sebesar 10% sehingga menimbulkan laba sebelum pajak yang tipis berbanding rugi sebelum pajak pada periode sebelumnya.

Pada akhirnya terjadi rugi bersih yang menurut sebesar 97% dengan beban pajak penghasilan yang bertambah dibandingkan dengan manfaat pajak penghasilan pada periode sebelumnya.

Perusahaan mengalami kerugian selisih kurs pada periode ini dan pada periode sebelumnya dan menikmati keuntungan lain-lain pada periode ini dan juga periode sebelumnya. Jika disesuaikan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk akan bertambah sebesar 20%.

Rasio GPM meningkat menjadi 19,66% dari 16,24%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar